KATEGORI GAME FPS (FIRST PERSON SHOOTER)


kategori game fps
Pengertian game FPS atau kepanjangan dari first person shooter (dalam Bahasa Indonesia tokoh utama penembak). Di dalam permainan FPS ini, kita memainkan tokoh utama (orang pertama), atau seolah-olah sedang berada di dalam game. Game FPS umumnya berupa game menembak. Di dalam cerita game FPS biasanya kita harus menyerang dan membunuh lawan atau musuh-musuh. Game FPS sendiri mirip seperti game hunting (dalam Bahasa Indonesia permainan berburu). Bedanya kalau game hunting berburu binatang, sedangkan game FPS berburu manusia atau robot bahkan alien :).

Sejarah perkembangan game FPS tentu saja bertahap sedikit demi sedikit. Dari tampilan grafis, game FPS dimulai dari tampilan grafis yang beresolusi VGA sampai yang sekarang sudah resolusi tinggi, sehingga tampilan dan detail dari game FPS ini sangat mirip dengan aslinya. Selain itu, spesifikasi game yang digunakan, seperti ada game yang bisa dimainkan untuk PS (kepanjangan dari play station), xbox, dan pc (kepanjangan dari personal computer). Bahkan untuk saat ini beberapa game FPS juga bisa dimainkan di perangkat gadget, seperti smartphone dan tablet.

Untuk game FPS yang versi gadget, bisa dimainkan di perangkat smartphone maupun tablet, tentu saja cara memainkan game-nya sedikit berbeda dengan game yang versi pc. Cara memainkan game FPS di smartphone dengan tablet tentu juga berbeda. Di mana, perangkat tablet lebih memiliki kesamaan dari segi cara memainkan dan fiturnya dengan game FPS yang versi pc. Fitur cara memainkan di tablet yang menggunakan touch screen (dalam Bahasa Indonesia layar sentuh) memiliki kelebihan yaitu mudah di dalam memainkan gamenya karena hanya dengan menyentuh layar tablet-nya sendiri. Sedangkan untuk smartphone terbagi menjadi 2, yaitu smartphone yang biasa dan layar sentuh. Tentu saja memiliki banyak perbedaan di dalam cara memainkan game-nya. Untuk smart phone yang biasa bisa memainkan game-nya dengan memijit tombol pada smartphone-nya, sedangkan untuk smartphone yang sudah layar sentuh cara memainkan game-nya hampir sama dengan cara memainkan game di tablet.

Contoh game FPS adalah Call of Duty dan Battlefield. Di dalam game FPS biasanya terbagi ke dalam beberapa misi. Misi pertama biasanya adalah misi pembukaan atau prolog. Misi pertama ini biasanya dengan mudah bisa diselesaikan karena level permainan game-nya masih level 1. Misi kedua sampai seterusnya mulai sedikit sulit karena diperlukan kecepatan dan ketepatan saat menghadapi lawan atau musuh. Untuk misi yang terakhir biasanya paling sulit diselesaikan karena tokoh utama melawan raja musuh yang sangat kuat, tangguh dan cepat. Oleh karena itu, di dalam memainkan permainan game FPS ini siapa yang paling cepat menembak dengan tepat mengenai sasaran sudah tentu semua game FPS bisa dengan mudah diselesaikan sampai tamat gamenya.

Di dalam game FPS ini biasanya senjata yang digunakan, terdiri dari senjata jarak dekat, seperti pisau dan senjata api revolver, senjata jarak jauh, contohnya seperti sniper, senjata bahan peledak, contohnya seperti granat dan RPG (kepanjangan dari rocket personal gun) (atau di dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai senjata peluncur roket). Cara menggunakan semua senjata tersebut disesuaikan dengan keadaan latar tempat serta kondisi musuh yang sedang dihadapi. Sebagai contoh, apabila sedang berada di dalam ruangan, maka bisa menggunakan senjata jarak dekat, contohnya seperti pisau dan senjata api revolver. Kesalahan sering terjadi oleh para gamer, yaitu menggunakan senjata peluncur rocket yang bisa mengakibatkan tokoh utama tewas karena ikut terkena ledakan dari roket. Kemudian, ketika berada di luar ruangan atau contohnya seperti di lapangan atau di hutan, kita bisa menggunakan senjata api jarak jauh, sebagai contohnya seperti sniper, serta bisa menggunakan bahan peledak, seperti geranat untuk melawan musuh-musuh.

Fitur game FPS sendiri ada banyak sekali. Semua fitur yang ada di game FPS bergantung dari setting zaman atau latar tempat yang ada di dalam game itu sendiri. Latar tempat dapat mempengaruhi semua fitur yang ada di dalam game, seperti pakaian yang digunakan oleh tokoh utama, pakaian yang digunakan oleh musuh dan lawan-lawan kita, senjata atau peralatan tempur yang digunakan untuk melawan musuh, senjata yang dipergunakan oleh musuh, kendaraan yang digunakan oleh tokoh utama, kendaraan yang digunakan oleh musuh, dan latar tempat yang digunakan di dalam memainkan game FPS juga disesuaikan dengan zaman yang ada di dalam permainan game itu sendiri.

Untuk memainkan game FPS ini tentu saja yang versi pc. Umumnya diperlukan kecepatan dan ketepatan dalam memainkan dua perangkat komputer, yaitu mouse dan keyboard. Biasanya mouse untuk mengarahkan posisi pandangan mata tokoh utama, sehingga posisi pandangan tokoh utama terlihat dan terasa seperti aslinya, yaitu bisa melihat ke atas, ke bawah, ke kanan, ke kiri, ke depan dan ke belakang. Untuk keyboard sendiri berfungsi untuk gerakan maju, mundur, menembak, ganti senjata, dan menggunakan peralatan/perlengkapan lain, seperti mengaktifkan night vision (dalam Bahasa Indonesia berarti penglihatan malam) biasanya menggunakan kacamata cahaya infra merah, kemudian mengemudikan kendaraan dan pesawat.

Pada umumnya spesifikasi komputer untuk main game FPS tidak terlalu membutuhkan komputer yang tinggi, hanya saja yang perlu diperhatikan, yaitu kemampuan grafis dan kecepatan dari processor komputernya sendiri. Untuk saat ini, ada banyak sekali kartu grafis untuk komputer yang diperjual-belikan di pasar elektronik khusus komputer. Kartu grafis bisa disesuaikan dengan kemampuan motherboard sendiri. Dan untuk processor-nya juga bisa disesuaikan dengan kemampuan atau spesifikasi dari mainboard komputernya sendiri. Pada akhirnya kinerja mesin komputer akan mencapai titik maksimalnya, sehingga bisa digunakan untuk main game FPS tanpa terganggu dan terkendala dengan masalah spesifikasi komputernya.

Komputer yang bisa digunakan untuk memainkan game FPS juga ada banyak sekali yang sudah tersedia di pasaran toko komputer. Tentu saja beli komputer yang khusus untuk main game bukan komputer standar yang hanya bisa digunakan untuk keperluan dan kebutuhan kantor, seperti komputer untuk warnet, komputer untuk kantor, atau komputer rumahan biasa. Dari spesifikasinya pun sudah terlihat kalau komputer yang digunakan untuk game biasanya memiliki spesifikasi yang lumayan tinggi. Spesifikasi komputer game juga terbagi-bagi lagi, biasanya karena disesuaikan dengan harga komputer game itu sendiri. Pada umumnya, komputer game, sudah lengkap satu paket yang siap pakai.

Demikian sedikit info tentang game FPS, semoga dapat membantu dan menjadi sedikit inspirasi bagi pembaca sekalian.

Sumber : http://www.nusagame.com